20 Cara Melawan Setan



Kemarin kita sudah mengetahui Penyakit Rohani yang Disebabkan leh Setan. Sekarang kita akan berdiskusi tentang 20 Cara Melawan Setan. Dan tentunya post ini masih berhubungan post Resensi 24 Jam Melawan Setan, karena isi dari post ini say ambil buku itu.

24 Jam Melawan Setan


Seperti post sebelumnya, saya tidak akan menjelaskan semua poin-poin 20 Cara Melawan Setan. Hanya sebagian saja.

1. Suka Memaafkan

Sifat suka memaafkan melahirkan hati yang bersih. Orang yang pemaaf akan memaklumi apabila seseorang berbuat salah. Karena insan tidak sepi dengan yang namanya kelalaian.

2. Menjalin Ukhuwah

Ukhuwah adalah binaan Nabi Muhammad saat berada di Madinah, beliau mempersatukan Kaum Muhajirin dan Kaum Anshor. Ukhuwah yang kuat tidak akan menimbulkan peperangan karena dilandasi oleh kasih saying. Inilah salah satu senjata melawan setan, karena setan suka terhadap perpecahan dan peperangan.

3. Adil

4. Menjaga Lisan

Orang yang menjaga lisan adalah orang yang bijak, karena ia bisa meletakkan tubuh sesuai fungsinya. Dengan mejaga lisan kita bisa terhindar dari dosa kecil seperti menggunjing, mengolok-olok, dll. Dosa besar seperti memfitnah.

5. Malu

Malu layaknya alat yang berfungsi untuk menguji keimanan orang. Yang dalam hal ini berbuat malu dalam berbuat kejahatan, malu apabila ketahuan, maolu terhadap Allah. Bukan malu saat kita akan menyuarakan kebaikan.

6. Mujahadah dan Berdakwah

7. Sabar dan Syukur

Bersyukur bisa menahan hawa nafsu kita terhadap kecintaan kita terhadap dunia. Dengan syukur kita sadar bahwa Allah telah memberi kita karunia yang banyak sekali.
Sabar juga berperan penting. Sabar juga menahan kita dari perbuatan yang dibenci Allah. Bersabar bahwa disetiap masalah pasti ada jalan yang diridhai-Nya.

8. Memuliakan Orang Tua

9. Memuliakan Tetangga

10. Memerangi Tipu Daya Setan

Menurut Imam Al-Ghazali cara memerangi setan itu ada tiga :
1.       Mempelajari tak-tik atau tipu daya setan
2.       Tidak member perhatian terhadap godaan setan. Anggap saja itu hanya gonggongan anjing yang bila diladeni malah semakin menyalak. Tapi bila kita cuek anjing itu lama-kelamaan akan diam sendiri.
3.       Lidah dan hati selalu menyebut Allah (dzikrullah)
11. Menyambung Silaturrahim

12. Memuliakan Anak Yatim

13. Banyak Menngingat Mati

Dengan selalu mengingat mati kita senantiasa lebih mengingat Allah. Membuat kita terhindar dari jeratan setan yang terus menghantui.

14. Banyak Melakukan Sholat Tahajjud

15. Menghafal Al-Quran

16. Melakukan 5 perkara yang dicintai oleh Allah

1.       Memperbanyak Menyebut Allah
2.       Memperbanyak Mengingat Akhirat
3.       Memperbanyak Mengingat Mati
4.       Jangan menyebut Kebaikan Diri dan Keluarga
5.       Jangan Membongkar Aib atau Keburukan orang Lain
17. Mencintai Rasulullah

18. 7 Golongan yang Dicintai Allah

19. Mempunyai Hikmah dan Ilmu

20. Berani dan IStiqomah

Alhamdulillah kita sudah mengetahui cara-cara untuk memerangi setan. Semoga ilmu yang kita bahas hari ini manfaat dan mendapat rahmatNya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "20 Cara Melawan Setan"

Post a Comment